Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Yatinem Terdesak Kebutuhan Ekonomi Gelapkan 6 Unit Motor

Yatinem Terdesak Kebutuhan Ekonomi Gelapkan 6 Unit Motor

JOGJABERITA– Seorang perempuan berusia 51 tahun ditangkap jajaran Unit Reskrim Polsek Mantrijeron usai kedapatan menggadaikan 6 unit motor milik kenalannya. Pelaku diketahui bernama Yatinem, seorang warga Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Kapolsek Mantrijeron Kompol Rapiqoh menjelaskan 6 motor yang digelapkan Yatinem adalah milik Kurniati Mayasari. Awalnya, Yatinem merental satu motor milik korban selama 7 hari dengan biaya sewa sebesar Rp 250 ribu. 

Selama 7 hari tersebut Yatinem membayarkan uang sewa sesuai dengan kesepakatan. Lalu, Yatinem kembali merental sebanyak 6 unit motor.

“Karena pelaku ini sudah mengenal pelapor, kemudian meminjam lagi 6 unit. Pelaku ini beralasan, motor tersebut akan dirental kepada temannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Tetapi sampai tenggang waktu yang ditentukan pelaku tidak mengembalikan,” jelasnya saat jumpa pers di Mapolsek Mantrijeron, Selasa (29/11).

Merasa ada yang janggal, korban lantas menghubungi Yatinem. Ternyata, keenam motornya telah digadaikan oleh Yatinem kepada 6 orang berbeda. Masing-masing motor digadai mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 4,5 juta.

Hasilnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.  “Pelaku dikenai Pasal 378 KUHP Tentang Penipuan dan 372 KUHP Tentang Penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” ungkapnya.

Kasi Humas Polresta Yogya Timbul Sasana Raharja mengimbau masyarakat untuk senantiasa waspada. Barang-barang berharga juga diminta untuk tidak diserahkan sembarangan kepada orang lain meskipun telah mengenal sebelumnya.

“Masyarakat berhati-hati apabila mau merentalkan kendaraan bermotor agar dicek lagi agar jangan sampai ditipu. Dicek surat-suratnya, kelengkapannya.

Jangan sampai barang-barangnya hilang tanpa diketahui. Kalau asal-usulnya sudah jelas, baru bisa meminjamkan,” ujarnya. (tio/red)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *