Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Wujudkan Masyarakat Sehat Melalui Ruang Terbuka Hijau dan Penyediaan Sarana Olahraga

Wujudkan Masyarakat Sehat Melalui Ruang Terbuka Hijau dan Penyediaan Sarana Olahraga

JOGJABERITA– Pemerintah Kabupaten Sleman terus melakukan upaya dalam menyediakan fasilitas umum bagi warga sleman. Berbagai program telah direalisasikan, salah satunya menyediakan sarana berolahraga yang nyaman.

Hari ini, Pemeritah Kabupaten Sleman telah meresmikan fasilitas jogging track di Lapangan Ahmad Zaeni yang terletak di Kalurahan Sidoagung, Kapanewon Godean. Sarana jogging track sepanjang 317 meter itu diresmikan oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Jumat (27/1). 


Sebelumnya, Lapangan Ahmad Zaeni merupakan kawasan yang kerap dimanfaatkan sebagai tempat berdagang (Pasar Klithikan). Kemudian beralih fungsi kembali menjadi sarana olahraga bagi masyarakat. 

Meski dengan kondisi seadanya, lapangan ini menjadi salah satu tempat warga untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga. Banyak perubahan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sleman terhadap Lapangan Ahmad Zaeni. 

Selain menyediakan jogging track,  tempat ini juga memiliki lapangan sepakbola dengan wajah baru. Hijau rumput dactylon dengan kualitas baik yang ditanam di lapangan sepakbola ini memberi nilai estetik yang tinggi.

Menurut Lurah Sidoagung, Edy Utomo,  rumput yang dipakai untuk lapangan sepakbola tersebut memiliki kualitas yang tidak main – main, bahkan disebut standar internasional. 

Ia juga mengatakan fasilitas lain yang tidak kalah menarik yang berada di kawasan tersebut yaitu adanya fitnes outdoor, taman anak – anak, taman remaja dan taman umum. 


Keberadaan fasilitas olahraga ini tentu menjadi kabar baik bagi warga sleman. Laini (39) warga Sidoagung mengatakan sangat senang dengan adanya fasilitas olahraga yang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang ramah anak.

Perempuan yang berprofesi sebagai Guru TK ini mengaku sering memanfaatkan fasilitas umum untuk sekedar mencari suasana baru dalam proses mengajar anak didiknya. 

“Saya sering ngajak anak – anak (siswa TK) main di sini, dulu sebelum direnovasi di sini gersang. Tapi sekarang banyak fasilitasnya, rumputnya bagus, yang datang juga banyak tidak cuma warga sidoagung. Apalagi weekend, banyak yang datang ke sini sekarang,” katanya. 


Kesan yang sama juga disampaikan oleh Sutikno (67) warga yang tinggal bersebelahan dengan Lapangan Ahma Zaeni. Ia menyaksikan bagamana perubahan fasilitas olahraga sebelum dan setelah dilakukan revitalisasi. 

“Tentu senang adanya fasilitas olahraga yang lengkap. Dulu warga sini kalau mau joggong di jalan, sekarang sudah ada tempatnya.

Dulu mungkin tidak terlalu bisa menikmati berolahraga karena seadanya. Fasilitasnya juga biasa. Sekarang lebih nyaman, lebih bagus,” ungkap Sutikno. 

Melihat respon positif dari masyarakat, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengajak masyarakat untuk memanfaatkam fasiltas yanh disediakan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Kustini menilai pemanfaatan Lapangan Ahmad Zaeni ini tidak hanya sebatas untuk olahraga saja, tetapi juga menambah luasan ruang terbuka hijau khususnya di wilayah Kalurahan Sidoagung, Kapanewon Godean. (eko/evi)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *