Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Warung Makanan Roh Halus Sediakan Perlengkapan Ziarah Makam

Biasanya warung makanan roh halus ramai pada waktu-waktu tertentu. Seperti pada malam Jumat legi, malam Jumat Kliwon, bulan Ruwah, dan Idul Fitri.

JOGJABERITA– Jika biasanya di warung makan ditemui berbagai menu makanan seperti nasi dan lauk pauk yang lezat, berbeda hal nya dengan warung makan yang diberi nama Warung Makanan Roh Halus ini. Di sini, para pembeli justru disuguhi menu berupa dupa dan bunga setaman yang menjadi pelengkap saat melakukan ziarah kubur.

Pemilik Warung Makanan Roh Halus Tri Waryanti mengatakan di sini memang menyediakan berbagai perlengkapan untuk melakukan ziarah kubur. Bunga-bunga yang disediakan di sini pun lengkap, mulai dari bunga mawar, melati, kantil, dan kenanga.

“Ini Warung Makanan Roh Halus sudah berdiri sejak 26 tahun yang lalu. Dinamakan warung makanan roh halus karena kami menjualnya untuk keperluan roh halus seperti kemenyan, dupa, bunga, dan lain-lain,” ujarnya saat ditemui di Warung Makanan Roh Halus yang terletak di Jalan RE. Martadinata No. 7, Wirobrajan, Kota Yogya, Kamis (15/9).

Dalam satu hari, Waryanti mampu menjual sebanyak 7 karung bunga yang dia dapatkan dari berbagai daerah. Misalnya, bunga mawar dia dapatkan dari Boyolali dan Magelang, bunga melati dari Pekalongan, bunga kenanga dari Godean, dan bunga kantil dari Cangkringan.

Semuanya dibanderol dengan harga yang bervariasi. Dalam sehari dia mengantongi omzet setidaknya hingga Rp 500 ribu.

“Harganya perbungkus ada yang Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, tergantung permintaan pembeli,” katanya.

Waryanti mengatakan pembelinya berasal dari berbagai daerah. Bahkan tak jarang warung makanan roh halus ini juga menyuplai bunga bagi Keraton Yogyakarta.

“Untuk abdi dalem Keraton biasanya untuk sesaji-sesaji di dalamnya. Sebentar lagi biasanya abdi dalemnya datang. Setiap malam Jumat, Selasa Kliwon, dan setiap hari Jumat biasa,” jelasnya.

Salah satu pembeli warga Kasihan, Bantul Arumnisa Pratiwi mengaku sering membeli bunga di warung makanan roh halus untuk keperluan ziarah kubur. Menurutnya bunga yang disediakan lengkap dan memudahkannya dalam mendapatkan bunga lantaran buka setiap hari. Penamaan warung makan roh halus juga menjadi daya tarik tersendiri baginya.

“Sudah langganan di sini, apalagi kalau lebaran pasti beli bunga di sini. Awalnya sering lewat, setelah lihat ternyata tiap hari buka jadi mempermudah kalau nau nyekar atau ziarah. Untuk namanya lucu, jadi keunikan tersendiri,” ungkapnya. (ong/red)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *