Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Usai Libur Lebaran, ASN di Kota Yogya Kembali Layani Masyarakat

JOGJABERITA

JOGJABERITA– Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai bekerja kembali usai cuti bersama. Ini juga berlaku bagi para ASN di lingkungan Balai Kota Yogya, termasuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Kepala Dinas Dukcapil Kota Yogya Septi Sri Rejeki mengaku hari ini telah menyiagakan staff di Mall Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota.

Tercatat hanya ada dua pegawai yang tidak hadir. Satu pegawai menjalani cuti dan lainnya tengah mengikuti pelatihan administrator selama 4 bulan.

Septi mengatakan pada hari pertama ini banyak masyarakat yang mengurus berbagai macam dokumen.

Mulai dari memperbaharui kartu keluarga, membuat akta kelahiran, hingga pembuatan KTP. Antrian telah terjadi sejak pukul 07.30 WIB.

“Semua komitmennya sangat tinggi sekali terkait dengan pelayanan. Dan seperti ini tadi terjadi antrian, ternyata cepat selesai,” katanya ditemui di MPP Balai Kota Yogya, Rabu (26/4).

Dia menambahkan, sejatinya pelayanan juga dilakukan saat cuti bersama. Layanan dilakukan secara daring. Total ada 25 berkas yang dilayani sepanjang momen cuti bersama.

Paling banyak adalah pengajuan akta kematian dan memperbaharui kartu keluarga. Menurut Septi jumlah ini terhitung sedikit. Ini lantaran pada hari normal biasanya Dinas Dukcapil Kota Yogya melayani kepengurusan hingga 200 keping KTP. Sementara dokumen-dokumen lainnya minimal 50 berkas.

“Alhamdulillah nya kemarin internet tidak ada masalah. Siang juga tidak ada masalah, sehingga dicuti libur lebaran kita tetap bisa melayani,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogya Baharrudin Kamba menjelaskan pihaknya turut melakukan pemantauan terhadap kedisiplinan para ASN.

Hasilnya, pada hari pertama usai cuti bersama ini hampir seluruh ASN masuk dan mulai melayani kebutuhan masyarakat. Seluruh stand di MPP juga terisi.

“Ke depan pelayanan seperti ini terus ditingkatkan. Jangan sampai masyarakat kecelik. Terutama Dinas Dukcapil karena menjadi sentra pelayanan bagi masyarakat,” ungkapnya. (ang/tyo)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *