Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

UMY Salurkan 1,2 Miliar Zakat Institusi kepada 57 Lembaga

UMY Salurkan 1,2 Miliar Zakat Institusi kepada 57 Lembaga

JOGJABERITA-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali melakukan penyaluran atau pentasyarufan zakat institusi pada Sabtu (28/1) di Gedung AR. Fakhruddin B UMY.

Periode penyaluran zakat institusi ini berlangsung pada Semester Ganjil 2022/2023 serta akan diberikan kepada 57 Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang sudah mengajukan proposal sebelumnya. 

 

Sejumlah Rp 1.260.000.000 dana zakat institusi UMY digelontorkan kepada AUM. Penyaluran zakat institusi ini berupa beasiswa, bantuan sesuai proposal hingga jenis bantuan lainnya.

Proposal yang masuk dan diterima oleh Tim Zakat Institusi berjumlah 280 eksemplar.  
Ketua Tim Zakat Institusi UMY, Eko Wahyudi dalam sambutannya menyampaikan bahwa timnya tidak dapat merealisasikan keseluruhan proposal yang masuk.

“Dari 280 eksemplar proposal yang masuk, kami harus menyeleksinya dan didapati 57 AUM yang akan menerima Zakat Institusi pada Semester Ganjil 2022/2023,” ujarnya.  

Dana zakat institusi ini juga bersifat sebagai dana pendamping yang nilainya tidak dapat memenuhi permintaan sesuai proposal yang diajukan. “Anggaplah zakat institusi ini sebagai dana pendamping bagi para penerima,” imbuh Eko lagi. 


Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta, Gita Danu Pranata, SE., M.M, menjelaskan bahwa diksi “Pentasyarufan Zakat Institusi” sudah berlaku selama 20 tahun lebih dengan sebutan awal, Dana Sosial.

“Sebutan Pentasyarufan Zakat Institusi ini sebenarnya sudah berlangsung selama 20 tahun. Dan sejak itu, dana zakat institusi dikelola oleh Tim Zakat Institusi,” ujarnya. 

Rektor UMY Gunawan Budiyanto, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para penerima Zakat Institusi karena sudah sabar menunggu penyaluran dana zakat.

 “Terima kasih kepada penerima Zakat Institusi sudah menunggu dengan sabar penyaluran dana Zakat Institusi. Semoga dana Zakat Institusi ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” ucapnya.  (ong/eko)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *