Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Selama Ramadhan-Lebaran 2023

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Selama Ramadhan-Lebaran 2023

JOGJABERITA– Momen Ramadhan hingga Lebaran 2023 telah dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, untuk menciptakan peluang bisnis online bahkan mendongkrak penjualan, mengingat daya beli masyarakat cenderung meningkat.

“Perlengkapan Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, serta Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan hingga Lebaran 2023.* Temuan ini sejalan dengan kondisi dimana masyarakat kini bisa kembali menjalin tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat secara langsung,” ungkap Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Produk Terlaris Ramadhan-Lebaran 2023 dan Temuan Menarik Lainnya di Tokopedia
“Beras, mie instan dan daun bawang tercatat sebagai produk terlaris di Tokopedia NOW! sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2023. Layanan ini mempermudah masyarakat–untuk belanja kebutuhan harian, termasuk bahan segar untuk masakan sahur maupun buka puasa–dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran dan bebas ongkir,” jelas Ekhel melalui keterangan tertulis Selasa (9/5)

Di kategori Fesyen, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa kaos, sepatu serta kerudung menjadi sejumlah produk yang paling banyak dibeli masyarakat pada Ramadhan hingga Lebaran tahun ini.

“Di sisi lain, masyarakat masih mengandalkan kanal online untuk membeli makanan atau minuman. Pada kampanye Tokopedia NYAM!, kami mencatat kurma, madu dan parsel makanan menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2023,” papar Ekhel.

“Jarak terjauh untuk pengiriman parsel melalui Tokopedia pada periode Ramadan-Lebaran 2023 ini adalah dari Jakarta ke Jayapura (lebih dari 3.500 km). Keberhasilan atau kelancaran pengiriman tersebut dan seluruh pengiriman lainnya, pada peak season seperti Ramadan dan Lebaran, terjadi berkat kolaborasi Tokopedia bersama lebih dari 14 mitra logistik terhubung, maka kami sangat mengapresiasi hal ini,” jelas Ekhel.

Tokopedia juga mempermudah masyarakat melakukan mudik dengan menyediakan berbagai pilihan tiket transportasi umum, salah satunya pesawat. “Kami mencatat tiket tujuan pesawat yang paling banyak terjual selama Ramadhan 2023, yaitu ke Sidoarjo,” ujar Ekhel.

Sepanjang Ramadhan hingga Lebaran 2023, Tokopedia bersama pelaku usaha juga terus menghadirkan berbagai tayangan interaktif live shopping melalui kanal video streaming Tokopedia PLAY. “Jam ngabuburit merupakan waktu yang paling banyak digunakan masyarakat untuk menikmati tayangan Tokopedia PLAY,” tambah Ekhel.

Tokopedia bersama lembaga kemanusiaan terpercaya dan terverifikasi juga mempermudah masyarakat menjalankan ibadah, termasuk berzakat, secara online. “Selama Ramadhan hingga Lebaran 2023, lebih dari Rp5M zakat terkumpul di Tokopedia,” tutup Ekhel. (ong/eti)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *