Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Tingkatkan Respon Time dan Kesiapsiagaan, Basarnas Yogyakarta Buka Unit Siaga Sleman

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Kamal Riswandi, mengatakan Unit Siaga Basarnas Sleman pertanggal 1 Maret 2024 kemarin, resmi kami buka dan kami aktifkan. Untuk lokasi Unit Siaga Sleman ini di Jalan Cangkringan KM.1 Pakem Sleman.

NASIONALTERKINI– Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Kamal Riswandi, mengatakan Unit Siaga Basarnas Sleman pertanggal 1 Maret 2024 kemarin, resmi kami buka dan kami aktifkan. Untuk lokasi Unit Siaga Sleman ini di Jalan Cangkringan KM.1 Pakem Sleman.

“Unit Siaga Sleman merupakan kepanjangan tangan dari Kantor Basarnas Yogyakarta untuk meningkatkan response time apabila terjadi kejadian yang membutuhkan pelayanan jasa Pencarian dan Pertolongan (SAR) Unit Siaga Sleman ini bertujuan untuk bentuk kesiapsiagaan Basarnas Yogyakarta apabila terjadi kondisi darurat di sekitar wilayah Sleman, baik Kecelakaan Penerbangan , Kecelakaan Kendaraan, Kondisi Membahayakan Manusia, maupun Bencana Erupsi Gunung Merapi,”ujarnya Jumat (22/3).

Kamal menjelaskan Saat ini di Unit siaga Sleman di standbyakan 5 Rescuer ditambah 2 tenaga pendukung yang dilengkapi peralatan evakuasi seperti seperti Alat Ekstrikasi,peralatan HART (High Angle Rescue Tehnik) yang di gunakan untuk evakuasi di medan vertikal ,peralatan CSR (Confind Space Rescue) untuk evakuasi di ruang terbatas seperti evakuasi di dalam sumur, maupun peralatan Water Rescue untuk evakuasi di perairan.

“Sementara itu di Unit Siaga Basarnas Sleman juga di lengkapi peralatan Underwater/alat selam,selain Peralatan evakuasi Unit siaga Sleman juga di lengkapi dengan kendaraan Operasional 1 Unit Dmax Bak dan 2 Unit Motor Trail.Kedepannya di Unit Siaga Basarnas Sleman juga akan di tempatkan 1 Unit kendaraan Hugglund.

Kendaraan Hugglund yang akan ditempatkan di unit Siaga Basarnas Sleman untuk Kesiapsiagaan dan mengantisipasi jika Gunung Merapi mengalami Erupsi,karena kendaraan Hugllund memang di desain sebagai kendaraan evakuasi masyarakat dan dapat membawa Logistik serta Hugglund dapat digunakan di medan sulit seperti dapat melewati jalan yang di selimuti abu vulkanik yang panas akibat letusan Gunung Berapi,”ujarnya. (cyu/edy)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *