Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Tingkatkan Produksi Beras, Petani Wedomartani Tanam Benih Padi Trisakti

Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan produksi beras di Dusun Ceper Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak Sleman.

NASIONALTERKINI– Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan produksi beras di Dusun Ceper Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak Sleman. Salah satunya, dengan mengembangkan demplot penanaman benih padi varietas unggul yakni Padi Trisaksi. Jenis  ini dipilih karena dinilai pendek usia masa panen.

Eko Sudaryanto, Petani asal  Dusun Karanganyar  Kalurahan Wedomartani Kapanewon Ngemplak Sleman menuturkan jenis padi Trisaksi dipilih karena  lebih cepat usia masa panen yang menjadi salah satu pertimbangan yang dipilih, menurutnya jenis padi ini memiliki keunggulan masa panen yang pendek pada musim penghujan saat masa tanam awal

“Biasanya masa panen sekitar 70 sampai 75 hari, sementara jika pada masa tanam gadu atau tanam kedua baru bisa dipanen pada saat memasuki usia tanam 80 sampai 85 hari. Pada lahan seluas 800 Meter persegi ini saya menghabiskan 5Kg bibit padi, dari pemberian rekan saya sesama petani di Kapanewon Prambanan. Bibit tanaman padi ini tak berbeda jauh dengan bibit tanaman jenis padi biasanya,”ujarnya saat ditemui Minggu (4/2).

Eko menjelaskan sebelumnya ia menanam padi jenis Inpari 42, namun karena Ingin mencoba jenis padi Trisaksi yang sudah saya tanam selama 3 musim tanam dan hasilnya  cukup memuaskan.

“Dari hasil panen saya memperoleh bersih sekitar 9 karung gabah kering, namun saat kondisi harga beras yang masih tinggi sejak tahun lalu menjadikan beras yang saya peroleh hanya untuk dikonsumsi bersama keluarganya,”ucapnya. (eso/cbi)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *