Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Tingkatkan Pelayanan, Dispar Sleman Ajak Pengelola ODTW

Dispar Sleman Ajak Pengelola ODTW

NASIONALTERKINI– Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid menuturkan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengajak para pengelola destinasi wisata, pengelola desa wisata dan stakeholder usaha jasa pariwisata untuk mengevaluasi kualitas pelayanan yang telah dilakukan selama ini sekaligus agar senantiasa melakukan upaya-upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanana.

Pencapaian target angka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sleman tahun 2023 sebesar 114%, yakni dari target angka kunjungan wisatawan sebesar 7.000.000 wisatawan terrealisasi 8.005.943 kunjungan wisatawan yang terdiri atas wisatawan nusantara sebanyak 7.826.400 dan wisatawan manca negara sebanyak 179.543 kunjungan wisatawan. Pencapaian target tersebut merupakan sebuah prestasi yang perlu disyukuri.

“Prestasi tersebut merupakan hasil dari peran dan kolaborasi dari berbagai pihak yang mendukung ekosistem kepariwisataan di Kabupaten Sleman sepertinya para pengelola destinasi wisata baik yang dikelola oleh swasta maupun oleh masyarakat dan pengelola desa wisata,”katanya Selasa (6/2) saat ditemui Dikantornya.

Ishadi menjelaskan Peran Pemerintah Kalurahan juga memberikan kontribusi terhadap pencapaian prestasi tersebut melalui upaya-upaya orkestrasi pemberdayaan masyarakat ditingkat akar rumput. “Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan para pengelola destinasi wisata dan pengelola desa wisata senantiasa melakukan program-program peningkatan sumberdaya manusia secara berkelanjutan.

Diantaranya diawal tahun 2024 ini telah mengikutsertakan setidaknya 84 orang pengelola destinasi wisata dikawasan lereng Merapi dan pengelola wisata budaya candi-candi yang dikerjasamakan dengan Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah X DIY-Jateng melalui program Pelatihan Motivasi Pengelola ODTW.

Pelatihan tersebut diselenggarakan dalam 2 (dua) angkatan yaitu pada tanggal 26 Januari 2024 dan 2 Februari 2024 di Desa Wisata Tulungrejo Batu Malang Jawa Timur dengan peserta masing-masing sebanyak 42 orang beserta pendamping,”ujarnya. (edi/sdi)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *