Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Suryani: Siswa Sekolah Swasta di Yogya Bisa Akses Bantuan

Suryani: Siswa Sekolah Swasta di Yogya Bisa Akses Bantuan

JOGJABERITA-Ketua Komisi B DPRD Kota Yogya Suryani mendorong masyarakat untuk tak bergantung pada kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur afirmasi.
Hal ini mengingat kuota jalur afirmasi hanya dialokasikan sebesar 11 persen.

Selain itu juga diperlukan Kartu Menuju Sejahtera (KMS) sebagai persyaratan. Alih-alih bergantung pada jalur afirmasi, Suryani mengajak orang tua untuk meningkatkan prestasi anaknya.


Sehingga nantinya bisa mendaftar sekolah melalui jalur mutu atau jalur lainnya. Tentunya dengan porsi kuota jauh lebih banyak dan kemungkinan lolos yang lebih besar.

“Sebagai orang tua kan tanggung jawabnya mendidik anak. Ya disuruh belajar anaknya, supaya pintar. Kalau pintar kan pasti dapat (sekolah) negeri.

Kalau mengharapkan zonasi, memang zonasi berapa persen? Mengharap KMS juga hanya 11 persen. Tapi kalau jalur mutu kan besar, 40-an persen,” ujar Suryani ditemui di DPRD Kota Yogya, Selasa (31/1).


Suryani menambahkan bagi orang tua yang anaknya tidak lolos PPDB di sekolah negeri, tak perlu khawatir. Pihaknya bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogya  telah mengalokasikan anggaran.

Tepatnya untuk tunggakan SPP dan penahanan ijazah untuk sekolah swasta. “Tidak harus punya KMS. Asalkan warga Kota Yogya boleh mengakses dan khusus sekolah swasta,” katanya.

Suryani merinci anggaran tunggakan SPP pada jenjang SD maksimal sebesar Rp 2.250.000, SMP sebesar Rp 3 juta, jenjang SMA atau SMK sebesar Rp 4,5 juta.

Sementara untuk anggaran penahanan ijazah jenjang TK maksimal Rp 3 juta, SD maksimal Rp 4 juta, SMP maksimal Rp 5 juta, dan SMA atau SMK mencapai Rp 6 juta.


Suryani mengimbau kepada orang tua untuk melapor jika nantinya ditemui adanya pungutan yang memberatkan. “Kita memberi pertolongan kepada yang swasta kalau ada keluhan ‘Bu ini negeri ada yang mungut” ya laporkan,” ungkapnya. (eko/eni)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *