Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Pemerintah Kabupaten Sleman Sangat Baik Dalam Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi

Pemerintah Kabupaten Sleman Sangat Baik Dalam Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi

JOGJABERITA– Pemerintah Kabupaten Sleman meraih penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi dengan predikat “Sangat Baik” dengan nilai 91,28. 


Pada acara yang diselenggarakan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara pada Kamis (6/10) tersebut, diserahkan penghargaan kepada 82 instansi pemerintah di Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta. 


Penghargaan itu di antaranya, 14 penghargaan dengan predikat Sangat Baik dan 68 penghargaan untuk predikat Baik.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kustini Sri Purnomo berkesempatan menerima penghargaan secara langsung.

Bupati Kustini menyampaikan bahwa penghargaan ini sangat berarti bagi pemerintah Kabupaten Sleman.

Kustini mengatakan bahwa capaian tersebut dapat menjadi motivasi untuk selalu memberikan kinerja yang terbaik dalam pengisian jabatan pimpinan tinggi di Kabupaten Sleman. 

“Predikat penghargaan sangat baik ini bukanlah muara akhir, tapi justru menjadi momentum bagi kami untuk semakin mengedepankan kualitas, membangun keteladanan, dan mewujudkan manajemen ASN yang terbaik,” kata Kustini.

Menurut Kustini, saat ini pemerintah Kabupaten Sleman tengah berproses untuk meningkatkan kualitas pengisian jabatan pimpinan tinggi melalui pembangunan manajemen talenta untuk regenerasi kepemimpinan di masa yang akan datang. 

Pemerintah Kabupaten Sleman juga sedang berproses untuk membangun sistem merit. Pemkab Sleman juga terus berupaya agar seluruh aspek manajemen ASN dikelola dengan baik untuk mewujudkan ASN Kabupaten Sleman yang profesional. 

“Besar harapan kami apa yang kami bangun dapat bermanfaat bagi pengelolaan manajemen ASN khususnya pemerintah Kabupaten Sleman.

Dan apabila dibutuhkan, sistem ini dapat direplikasi oleh pemerintah daerah lain,” lanjut Kustini.

Sementara itu, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Agus Pramusinto menyampaikan, Anugerah Kualitas Pengisian JPT merupakan puncak dari hasil penilaian yang dilakukan sepanjang 2021.

Terdapat 431 instansi pemerintah yang telah dinilai dengan menimbang berbagai aspek. Selain itu, kehadiran Anugerah Kualitas Pengisian JPT juga menjadi refleksi dari upaya masif KASN dalam mengawasi pelaksanaan sistem merit demi terwujudnya reformasi birokrasi.

“Instansi yang dinilai adalah instansi pemerintah yang memenuhi kelengkapan dokumen pengajuan mulai dari perencanaan hingga pelaporan pelaksanaan pengisian JPT dalam periode bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2021,” ujar Agus.

Terdapat lima dimensi penilaian menurut Ketua KASN dalam Anugerah Kualitas Pengisian JPT yakni, dimensi persiapan pengisian, dimensi pelaksanaan pengisian JPT,  dimensi pelaporan pengisian JPT, dimensi inovasi manajemen pengisian JPT,  dan dimensi pelanggaran sistem merit dalam jabatan.

Dari kelimanya, KASN secara konsisten dan rinci melakukan pengawasan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang 5/2014 Tentang ASN.


Dalam agenda tersebut, KASN juga merilis Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi (Sijapti) versi 4.0.

Sijapti merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu instansi pemerintah dalam mengajukan usulan seleksi terbuka dan mutasi/rotasi pejabat pimpinan tinggi (PPT) secara daring.

“Dengan adanya aplikasi Sijapti, pelaksanaan pengajuan pengisian JPT menjadi lebih efektif dan efisien, serta memudahkan KASN dalam melakukan pengawasan seleksi terbuka dan mutasi/rotasi.

Pada 2022, telah dikembangkan Sijapti versi ke-empat dengan berbagai penambahan modul dan fitur sehingga makin meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penggunaannya,” jelas Agus. (ong/red)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *