Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Nanang Garuda: Sebagian dari Aat Musik Tradisional Kita Sudah Mulai Punah

Nanang Garuda: Sebagian dari Aat Musik Tradisional Kita Sudah Mulai Punah

JOGJABERITA– Akademisi Nanang Rakhmad Hidayat, Pengajar Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Nanang Rakhmad Hidayat  atau yang lebih dikenal sebagai Nanang Garuda adalah seorang  akademisi pengajar Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Selain itu, Nanang Garuda juga merupakan seseorang yang membangun Rumah Garuda.
Nanang menjelaskan Rumah Garuda yang berisi sejarah lahirnya lambang negara, Garuda Pancasila.

Bakat seni nya yang dieksplorasi dalam bentuk visual dan karya seni rupa berjalan seiring dengan passion nya di dunia seni musik.


Kekaguman dan ketertarikan pada khasanah musik dan instrumen etnik tradisional di seluruh belahan dunia memicu kreativitasnya untuk membangun atau membuat instrumen musik jenis etnik yang terinspirasi dari bunyi dan bentuk alat musik etnis tradisional yang ada.

“Penciptaan karya-karya tersebut berorientasi pada karya seni visual (kriya) sehingga konsep capaian nya adalah berupa bentuk karya seni rupa yang memiliki fungsi dan perlakuan yang menjadi alat musik bernuansa etnik tradisional,”ujarnya saat di temui di Kopi macan jalan bugisan Sabtu (15/10).

Nanang menuturkan alat- alat yang diciptakan ini terinspirasi dari berbagai alat musik tradisional dari berbagai daerah, yang harapannya adalah turut menyegarkan ingatan kembali akan kekayaan khasanah alat musik kita yang sebagian besar semakin asing di generasi zaman sekarang.

Sebagian dari alat musik tradisional kita yang sudah mulai punah. Selain juga proses revitalisasinya terlambat. 


“Saya membuat alat musik khas pedalaman Afrika sementara untuk alat musik kita hampir tidak ada, kalaupun ada sedikit sekali,”tuturnya. (tyo/red)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *