Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Jelang Lebaran, Masjid Sambisari Gelar Tradisi Malam Selawenan

Masyarakat dan Pengurus Masjid Sambisari Kalurahan Purwomartani Kapanewon Kalasan Kamis malam (4/4) menyelenggarakan Puncak Tradisi malam selawenan dengan cara potong tumpeng dan makan nasi sedekah di 10 malam terakhir pada bulan suci Ramadan.

NASIONALTERKINI– Masyarakat dan Pengurus Masjid Sambisari Kalurahan Purwomartani Kapanewon Kalasan Kamis malam (4/4) menyelenggarakan Puncak Tradisi malam selawenan dengan cara potong tumpeng dan makan nasi sedekah di 10 malam terakhir pada bulan suci Ramadan.

Takmir Masjid Kagungan Dalem Sambisari Sayidi mengatakan berbagai kegiatan yang ditampilkan dalam acara ini diantaranya Shalatawan Bawa Madyopuro Laras dan Hadroh Ainun Jannah Sambisari, Tausiah oleh Ki Mas Bhei Achmad serta pemotongan tumpeng yang dibentuk dari nasi kuning yang dihiasi dengan taburan daging ayam,ambon, kering tempe ini menjadi puncak kegiatan tradisi malam selawenan yang digelar oleh pengurus masjid, beserta masyarakat mulai dari Sekeretaris Dinas Kebudayaan DIY, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, PMI Kabupaten Sleman, Brimob Polda DIY, Muspika Kapanewon Kalasan dan Para Jamaah di Dusun sambisari Kalurahan Purwomartani Kapanewon Kalasan. “Tradisi ini digelar pada 10 Malam terakhir pada bulan Ramadan ini disebut sebagai hari istimewa karena banyak masyarakat menyakini turunnya Lailatul qodar,”ujarnya.

Panewu Kalasan Joko Susilo mengatakan Saya berharap keberadaan Masjid Kagungan Dalem Sambisari lebih menggerakkan potensi masyarakat didalam mencapai kemulyaan umat yang didasari jiwa spiritual. “Pada malam Selawenan kali ini juga digelar kegiatan donor darah yang bertujuan untuk menambah stok darah di PMI Kabupaten Sleman,”katanya.

Koordinator Mobile Unit PMI Kabupaten Sleman Azzahro Dwi Kurniawan menuturkan Belakangan ini PMI Kabupaten Sleman banyak menerima permintaan akan darah. “Banyak diantaranya permintaan datang dari pihak rumah sakit untuk pasien anemia,”ucapnya. (eng/yui)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *