Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Hadiri Gebyar Nak Usia Dini, Bupati Dorong Pemenuhan Tumbuh Kembang Anak

JOGJABERITA-

JOGJABERITA – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengajak orang tua dan seluruh komponen masyarakat untuk mmberikan perhatian yang lebih besar bagi tumbuh kembang anak di Sleman. Ajakan disampaikan Bupati Sleman terutama untuk menyikapi secara bijak terhadap pesatnya kemajuan dan kemudahan akses informasi.

“Orang tua dan seluruh komponen masyarakat harus memberikan perhatian bagi anak usia dini yang ada di sleman dengan mengoptimalkan tumbuh kembang anak dari segi fisik, mental, maupun sosial anak,” kata Kustini.

Ajakan ini disampaikan saat menghadiri kegiatan Gebyar Anak Usia Dini di Kantor Kapanewon Depok, Rabu (15/3).

Menurut Kustini, mengoptimalkan tumbuh kembang anak dapat dilakukan kepada anak usia dini, dimana fase usia dini merupakan momentum paling krusial dalam pembentukan karakter dan kepribadian seseorang.

“Pemberian kesempatan pada usia dini akan mengoptimalkan kreativitas dan menentukan keberhasilan perkembangan anak selanjutnya. Maka para Orang tua merupakan orang terdekat yang wajib memfasilitasi tumbuh kembang anak baik melalui penyediaan nutrisi sehat dan pendidikan tepat sesuai minat dan bakatnya,” ujar Kustini.

Kustini mengungkapkan, bahwa saat ini tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi dan kemudahan akses informasi sudah melekat dalam keseharian anak – anak.

Namun, Kustini menyebut kondisi tersebut tidak serta merta menghilangkan kewajiban orang tua dalam memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan berbagai kegiatan positif yang menunjang tumbuh kembang anak, seperti mengikutkan sertakan anak dalam kegiatan yang memungkinkan anak untuk berinteraksi dan bersosialisasi serta dapat menjadi wadah bagi anak dalam mengekspresikan kreativitasnya.

Lebih lanjut, Kustini menyampaikan bahwa upaya dalam mendukung tumbuh kembang anak juga terus dilakukan oleh Pemkab Sleman. Ia menuturkan Pemkab Sleman berkomitmen untuk menciptakan atmosfer lingkungan yang mendukung perkembangan anak melalui berbagai kebijakan, salah satunya yaitu Program Kabupaten Layak Anak Sleman.

Program ini telah diakui keberhasilan nya oleh Pemerintah Pusat yang ditandai dengan penghargaan yang diberikan kepada Sleman sebagai Kabupaten layak Anak kategori utama.

“Saya berharap prestasi tersebut dapat semakin memotivasi seluruh pihak untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman dan mendukung perkembangan anak-anak di Sleman,”ujarnya. (eng/eri)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *