Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Dinkes Sleman Gencar Edukasi Chiki Ngebul Potensi Sebabkan Keracunan

Dinkes Sleman Gencar Edukasi Chiki Ngebul Potensi Sebabkan Keracunan

JOGJABERITA – Belakangan jajanan chiki ngebul kembali ngetren. Ini merupakan makanan siap saji berupa makanan ringan yang ditambahkan uap nitrogen cair di atasnya. 

Sensasi ngebul atau asap yang dihasilkan inilah yang membuat banyak orang penasaran untuk mencoba. Namun, salah salah mengonsumsi chiki ngebul justru bisa mendatangkan petaka.

Hal ini karena nitrogen cair yang ditambahkan sebenarnya bukanlah bahan tambahan makanan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman turut memberikan perhatian atas fenomena ngetrennya makanan chiki ngebul.

Pengawas Farmasi dan Makanan, Kelompok Substansi Farmasi dan Kesehatan Makanan Minuman, Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sleman Agustin Tuti Riana menjelaskan nitrogen cair sejatinya lumrah digunakan berdampingan dengan makanan.


Umumnya nitrogen cair dimanfaatkan untuk mempertahankan suhu es atau es krim agar tak mudah cair. Namun, nitrogen bukanlah bahan tambahan makanan. Sehingga, konsumsi chiki ngebul dianjurkan saat asap telah hilang.

“Tapi anak-anak kadang justru di situ sensasinya. Masih berasap tapi sudah dikonsumsi,” katanya saat ditemui di Kantor Dinkes Sleman, Kamis (12/1).


Agustin mengungkapkan pihaknya telah menggencarkan pemantauan. Utamanya di lokasi-lokasi gelaran even yang biasanya menjadi lapak jualan pedagang chiki ngebul. Edukasi dilakukan kepada pelaku usaha, masyarakat, bahkan termasuk ke sekolah-sekolah. 


Upaya ini masih terus dilakukan bekerja sama dengan Balai Besar POM DIY. Dia mengatakan hingga saat ini, tak ditemukan adanya kasus keracunan nitrogen cair di Sleman.

“Sambil nanti menunggu dari pusat seperti apa terkait dengan keamanan pangannya, jangan dulu jualan produk tersebut kami lebih mengedukasi kepada yang memiliki event-event tersebut,” ujarnya.


Kepala Dinas Kesehatan Sleman Cahya Purnama mengatakan pihaknya telah menerima surat edaran Kemenkes. Kaitannya dengan pengawasan terhadap nitrogen cair pada produk pangan siap saji. 

Dia akan terus bergerak melakukan pengawasan agar chiki ngebul tak lagi dikonsumsi secara sembarangan. Selain itu, hal lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah higienitas dari makanan ringan yang digunakan. “Yang perlu diperhatikan chikinya sendiri. Kedaluarsanya, kemasannya rusak atau tidak karena itu kan sudah dibuka,” ujarnya. (eko/evi)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *