Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

10 Purna Paskibraka Sleman Dilantik Jadi Duta Pancasila

10 Purna Paskibraka Sleman Dilantik Jadi Duta Pancasila

JOGJABERITA– Sebanyak 10 anak Purna Paskibraka Sleman diangkat dan dikukuhkan oleh BPIP (Badan Pembinaan Indeologi Pancasila) menjadi Duta Pancasila di Hotel Prima SR Hotel, Jumat (16/12).


Kesepuluh anak ini terdiri dari 4 anak Purna Paskibraka tahun 2020 dan 6 anak Purna Paskibraka 2021. Pelantikan dilakukan oleh Muhammad Fahrurozi, Direktur Pengendalian BPIP.


Sebelum diangkat dan dikukuhkan, anak-anak Purna Paskibraka ini telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang diadakan oleh Badan Kesbangpol Sleman 26-27 November lalu dengan materi dan narasumber dari Pusat Studi Pancasila UGM.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum Kabupaten Sleman Jazim Sumirat menuturkan saya berharap duta Pancasila dapat menumbuhkan semangat generasi muda untuk kembali merevitalisasi dan mengaktualisasikan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara sekaligus sebagai rujukan dan inspirasi bagi upaya menjawab berbagai tantangan generasi muda.


Perlahan simbolisasi Pancasila dalam gambar, lagu, dan juga hafalan sila-sila Pancasila semakin pudar dalam ingatan anak bangsa. Hal ini juga dibarengi dengan surutnya semangat nasionalisme untuk membangun negara.


Munculnya berbagai persoalan baik itu persoalan politik, hukum, sosial kemasyarakatan, bahkan konflik yang didasari karena ideologi dan SARA, bukan tidak mungkin karena kurangnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Nilai-nilai Pancasila perlu benar-benar terinternalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh masyarakat,” kata Jazim.


Jazim menambahkan nilai-nilai Pancasila sebagai usaha bersama komponen bangsa Indonesia perlu dibutuhkan revitalisasi untuk mengembalikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai konsensus identitas nasional yang selama ini mengalami berbagai penyimpangan. 

Melalui upaya revitalisasi diupayakan masyarakat Indonesia memiliki kesiapan mental dan spiritual untuk menghargai dan menerima perbedaan, menghormati dan menerima keragaman suku, agama, ras dan golongan yang meski memiliki kepentingan berbeda namun tetap dalam satu wadah yaitu Indonesia. 

“Hal yang tidak kalah penting adalah mewujudkan generasi-generasi muda yang memiliki daya juang, keterampilan dan disiplin yang tinggi, karenanya saya berharap anggota purna paskibraka dapat berbagi keilmuan dan pengalaman kepada rekan-rekan generasi muda lain untuk ditularkan pada lingkungan sekitar sehingga keberadaan adik-adik sekalian dapat menjadi motivasi dan role model bagi pembentukan karakter teman-teman lainnya,” pungkas Jazim.

Senada dengan Jazim, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman, Hery Sutopo dalam laporan penyelenggaraan acara pengangkatan dan pengukuhan Purna Paskibraka Duta Pancasila Kabupaten Sleman tahun 2022 turut menyampaikan bahwa Duta Pancasila.

“Saya berharap dapat menjadi teladan dalam mengarusutamakan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sesuai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,”ujarnya. (tio/red)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *